Pgmi.umsida.ac.id – Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terus menjadi fokus utama dalam mendukung kreativitas peserta didik di era Kurikulum Merdeka. Salah satu bentuk implementasi yang menarik datang dari SD Muhammadiyah 5 Porong, dengan kegiatan inovatif membuat ecobrick sebagai bagian dari proyek “Go Green and Clean”. Kegiatan ini berhasil menunjukkan bagaimana kreativitas siswa dapat berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. Baca Juga: Hardiknas 2025, Rektor Umsida Harapkan Partisipasi Semua Elemen Wujudkan...Read More
Pgmi.umsida.ac.id – Model pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) semakin relevan diterapkan di tingkat pendidikan dasar sebagai bagian dari upaya transformasi pendidikan. Hal ini diungkapkan dalam hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh Rahmat Hidayat dan dipublikasikan di Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar edisi Maret 2025. Baca Juga: Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Positif: Kunci Sukses Kinerja Guru di Sekolah Dasar Penelitian ini mengkaji implementasi model manajemen pembelajaran...Read More
Pgmi.umsida.ac.id – Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk tidak hanya piawai mengajar, tetapi juga adaptif dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia. Namun di balik potensi besar multimedia, guru di tingkat sekolah dasar (SD) masih menghadapi berbagai tantangan dalam penerapannya. Baca Juga: Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Positif: Kunci Sukses Kinerja Guru di Sekolah Dasar Hal inilah yang menjadi fokus penelitian dua dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah...Read More
Pgmi.umsida.ac.id – Lingkungan kerja yang positif menjadi salah satu kunci keberhasilan pendidikan di tingkat sekolah dasar. Sebuah penelitian literature review yang dilakukan oleh Rama Ilham Pratama dan Ida Rindaningsih dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam FAI Umsida mengungkapkan bahwa peran kepala sekolah sangat krusial dalam menciptakan suasana kerja yang mendukung motivasi dan kinerja guru. Temuan ini menjadi refleksi penting bagi pengembangan manajemen pendidikan dasar di Indonesia. Baca Juga: Mengaji Sebelum Bekerja...Read More
Pgmi.umsida.ac.id – Dalam upaya meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris, khususnya keterampilan berbicara (speaking), kepercayaan diri siswa (self-efficacy) menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan oleh pendidik. Hal ini selaras dengan temuan dalam jurnal ilmiah SCOPE (2024) yang menyoroti pentingnya keterlibatan aktif mahasiswa dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai, terutama dalam konteks pembelajaran English as a Foreign Language (EFL). Temuan ini sangat relevan untuk diterapkan dalam konteks pendidikan guru madrasah ibtidaiyah...Read More
Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Donec sed odio dui. Etiam porta sem malesuada.