Pgmi.umsida.ac.id – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui inovasi pembelajaran. Salah satu inovasi terbaru yang berhasil dikembangkan adalah E-Module berbasis Life-Based Learning (LBL), yang dirancang untuk meningkatkan kualitas belajar dan keterampilan analisis mahasiswa PGMI.
Baca Juga:5 Keunggulan Program Studi PGMI Umsida yang Membuka Jalan Menuju Guru Berkualitas
Inovasi ini tidak hanya menjadi bukti keunggulan PGMI Umsida dalam menghasilkan lulusan kompeten, tetapi juga mengukuhkan posisinya sebagai program studi yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan pendidikan modern.
E-Module LBL: Solusi Inovatif untuk Pendidikan Modern
Pengembangan E-Module berbasis Life-Based Learning ini dilatarbelakangi oleh tantangan pembelajaran konvensional, seperti kurangnya interaktivitas dan media pembelajaran yang menarik. Berdasarkan penelitian, modul ini dikembangkan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) melalui model ADDIE yang melibatkan tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Dengan konten yang valid dan menarik, E-Module ini membantu mahasiswa PGMI untuk lebih memahami materi secara mendalam. Berdasarkan hasil validasi ahli, media pembelajaran ini mendapatkan skor 95,8% dari segi materi, 92,5% dari segi media, dan 96,4% dari segi bahasa, yang menunjukkan kelayakan dan efektivitasnya. Hasil evaluasi juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis mahasiswa, dari skor rata-rata pre-test 64,25 menjadi 88,41 pada post-test.
Ketua Tim Pengembang, Dr. Nurdyansyah, menyampaikan bahwa E-Module ini dirancang untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna. “Kami ingin mahasiswa tidak hanya belajar secara tekstual, tetapi juga kontekstual. Dengan modul ini, mahasiswa dapat mengasah kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari,” ujarnya.
Menjawab Tantangan Pendidikan Masa Depan
PGMI Umsida menyadari pentingnya inovasi dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21. Melalui E-Module berbasis LBL, mahasiswa didorong untuk aktif, kreatif, dan berpikir kritis dalam menghadapi berbagai permasalahan pendidikan. Modul ini juga mengintegrasikan nilai-nilai Islami yang menjadi landasan utama pendidikan di FAI Umsida.
“E-Module ini tidak hanya membantu kami memahami materi, tetapi juga melatih kami untuk berpikir secara sistematis dan menyelesaikan masalah secara efektif,” ujar salah satu mahasiswa PGMI yang telah menggunakan modul ini. Pengembangan ini membuktikan bahwa PGMI Umsida tidak hanya fokus pada kualitas akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter mahasiswa sebagai calon pendidik profesional.
Selain itu, kehadiran modul ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi program studi lain untuk terus berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis kehidupan, mahasiswa tidak hanya siap menghadapi dunia kerja, tetapi juga menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi masyarakat.
PGMI Umsida: Tempat Terbaik untuk Mengembangkan Kemampuan Potensi Anda
Dengan berbagai inovasi yang dihadirkan, Program Studi PGMI Umsida terus berusaha mencetak generasi pendidik yang tidak hanya kompeten di bidang akademik, tetapi juga memiliki kemampuan berpikir kritis dan berintegritas. E-Module berbasis Life-Based Learning adalah salah satu bukti nyata bagaimana PGMI Umsida mempersiapkan lulusannya untuk menjadi pendidik yang unggul dan relevan dengan kebutuhan zaman.
Baca Juga:Semangat Tanpa Batas, Tim MFQ FAI Umsida Sabet Juara Nasional Lagi
Bagi Anda yang bercita-cita menjadi pendidik profesional dan ingin mengembangkan potensi secara maksimal, bergabunglah bersama PGMI Umsida. Bersama kami, wujudkan masa depan pendidikan yang lebih baik. Mari bergabung dengan PGMI Umsida, karena pendidikan bermutu dimulai dari pendidik yang berkualitas!
Sumber:Development of Life Based Learning E-Modules to Improve Students’ Critical Thinking Skills,N Nurdyansyah, MBUB Arifin, DAH Cemerlang, P Rais – Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan …, 2024
Penulis:AHW