Pgmi.umsida.ac.id-Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus memperkuat posisinya sebagai institusi pendidikan unggulan. Melalui pendekatan inovatif berbasis teknologi dan kepemimpinan transformasional, PGMI Umsida berkomitmen mencetak generasi guru yang tidak hanya kompeten tetapi juga relevan dengan kebutuhan era digital.
Baca Juga:PGMI Umsida Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Inovasi Media Digital
Transformasi Pendidikan Melalui Kepemimpinan dan Teknologi
Dalam era digital yang terus berkembang, kebutuhan akan guru yang adaptif dan inovatif semakin mendesak. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi dan kompetensi teknologi pedagogi guru. PGMI Umsida mengambil langkah nyata dengan mengimplementasikan pendekatan ini dalam kurikulumnya.
Kepala Program Studi PGMI Umsida, Dzulfikar Akbar Romadlon MUd menegaskan pentingnya transformasi pendidikan melalui teknologi. “Guru tidak hanya dituntut menguasai materi ajar, tetapi juga mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Dengan pendekatan ini, pengalaman belajar siswa menjadi lebih relevan dan menarik,” ujarnya.
PGMI Umsida memanfaatkan hasil penelitian tersebut untuk membangun program yang memberdayakan mahasiswa calon guru agar dapat mengadopsi teknologi dengan cepat. Strategi ini tidak hanya menciptakan lingkungan belajar yang interaktif tetapi juga meningkatkan daya saing lulusan di pasar tenaga kerja.
Mengintegrasikan Kepemimpinan Transformasional di PGMI Umsida
Salah satu kunci keberhasilan PGMI Umsida adalah penerapan konsep kepemimpinan transformasional dalam pendidikan. Pendekatan ini berfokus pada tiga aspek utama: peningkatan motivasi, penguasaan kompetensi teknologi pedagogi, dan pengelolaan pendidikan berbasis mutu.
Mahasiswa PGMI Umsida dilatih untuk menggunakan kerangka kerja TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge), yang mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten pembelajaran. Model ini memastikan bahwa calon guru tidak hanya memahami teknologi tetapi juga mampu menggunakannya untuk menyampaikan materi secara efektif.
“Melalui program kami, mahasiswa tidak hanya belajar teori tetapi juga mempraktikkan keterampilan dalam proyek berbasis komunitas. Ini membantu mereka memahami tantangan nyata di dunia pendidikan,” ungkap Bu Ruli, salah satu pengajar di PGMI Umsida.
Pelatihan ini juga dilengkapi dengan lokakarya, seminar, dan kolaborasi dengan institusi pendidikan lainnya, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memahami bagaimana teknologi dapat diterapkan secara praktis dalam berbagai situasi.
Membangun Masa Depan Pendidikan Guru di Era Digital
Komitmen PGMI Umsida dalam mencetak guru berkualitas tidak hanya terbatas pada pengajaran di kelas. Melalui pendekatan kolaboratif dan berorientasi pada masa depan, PGMI Umsida mempersiapkan lulusannya untuk menjadi pendidik profesional yang mampu menghadapi tantangan abad ke-21.
Salah satu alumni PGMI Umsida membagikan pengalamannya, “Kuliah di PGMI Umsida membuka wawasan saya tentang pentingnya teknologi dalam pendidikan. Saya belajar bagaimana memanfaatkan aplikasi digital untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.”
Dekan Fakultas Agama Islam Umsida, Dr. Imam Fauji, Lc., M.Pd., menambahkan bahwa PGMI Umsida memiliki visi besar untuk mencetak pendidik berbasis Islam yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki nilai-nilai karakter Islami. “Kami percaya bahwa pendidikan yang berkualitas dimulai dari guru yang kompeten dan berdaya saing global. Oleh karena itu, kami terus mendukung inovasi dalam program studi PGMI,” tegasnya.
PGMI Umsida juga aktif menjalin kemitraan dengan berbagai institusi pendidikan untuk memperluas akses mahasiswa terhadap pengetahuan dan pengalaman baru. Kerja sama ini mencerminkan komitmen PGMI Umsida dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang adaptif dan inklusif.
Baca Juga:FAI Umsida Lepas 11 Mahasiswa ke UniSZA Malaysia dalam Program Student Mobility
PGMI Umsida membuktikan bahwa pendidikan berkualitas memerlukan inovasi dan integrasi teknologi. Dengan pendekatan berbasis kepemimpinan transformasional dan pemanfaatan teknologi digital, program ini memberikan landasan kuat bagi calon guru untuk menghadapi tantangan global.
Sebagai bagian dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, PGMI Umsida terus berkomitmen untuk mencetak lulusan yang mampu membawa perubahan positif di dunia pendidikan. Melalui program-program unggulannya, PGMI Umsida tidak hanya mencetak guru profesional tetapi juga menjadi mitra strategis dalam membangun masa depan pendidikan berbasis Islam.
PGMI Umsida, tempat terbaik untuk membangun karier sebagai pendidik Islami yang berkompeten dan inovatif
Sumber:R Astuti, M Abidin – Journal of Learning on History and Social Sciences, 2024